Dialog hati UkhtiShalihah

Nyala yang redup…

Dulu,kulihat ia menyala begitu terang dengan warna indah yang berpendar-pendar,hingga ia dapat menerangi sekelilingnya dari gulita yang mencekam,dan mereka yang melihatnya mampu berjalan dengan pegangan tanpa tertatih dan terseok atau bahkan terperosok kubangan..

Tapi kini nyalanya tak seindah dahulu,bahkan pendarnya kini begitu samar kulihat,nyaris tiada. Bagaimana mungkin ia mampu menjadi pelita? Menjadi penerang jalannya sendiripun ia tak bisa..

Entah,apa sebab pendarnya menghilang begitu saja. Apakah karena ia berjauhan dari sumber cahaya? Ataukah ia yang memilih untuk menyusuri jalan yang tak semestinya?

Ah,lagi. Ini tentang hidup. Dimana siapapun bisa memlih jalan yang mereka suka. Dan aku, tiada kuasa memaksa apapun atas pilihan mereka. Begitu pun kau. Yang hanya bisa aku dan kau lakukan adalah menjaga agar cahaya kita terus menyala, agar pendarnya mampu menerangi langkah mereka, orang-orang yang masih membutuhkan cahaya untuk menyusuri jalan yang terjal nan penuh duri ini. Karena jalan ini hanya mampu dilalui oleh orang-orang yang memiliki nyala terang dalam hatinya..

Nyala keimanan,yang pendar cahayanya akan menjadi penyelamat kita. Sungguh,berbahagialah kita yang masih memiliki nyala terang itu hingga tak ada keluh kesah lagi walau ujian bertubi, walau godaan menghampiri..

Ingatlah wahai saudaraku, bahwa Allah tahu, betapa besar kita berusaha menjaga keimanan dalam hati kita. Maka,jangan tergoda untuk menodainya hingga membuat nyalanya redup. Karena kita tak pernah tahu apakah masih ada kesempatan bagi kita untuk memiliki nyala seterang saat ini..

Bersinarlah dengan cahayamu yang berpendar-pendar begitu indah, agar bisa terangi langkahmu,langkahku juga mereka…

Jum’at,9 September 2011

**Renungan singkat malam ini, usai berdialog hati dengan seorang ukhti yang kecewa karena saudaranya satu persatu mulai redup cahayanya. Bersabarlah ukhti,karena kau tak sendiri, masih ada begitu banyak orang yang mau menyusuri jalan-jalan keimanan seperti yang kau lalui saat ini ^^

1 Comment

Leave a Comment